Manfaat mempergunakan mikrotik adalah untuk memaksimalkan jaringan dengan cara mengatur point penting yang berkaitan dengan sebuah jaringan internet yaitu:

Fungsi Mikrotik Sebagai LAN Internet Gateway
  1. Misalnya router mikrotik mengatur jaringan lokal untuk dikoneksikan ke internet.
  2. Router mikrotik juga dapat di setting menjadi traffic manager mengelolas data yang masuk dan keluar.
  3. Mikrotik pun dapat memfilter konten yang berada di internet untuk kemudian ditentukan apakah konten tersebut boleh dilihat oleh client.


Menjadi Access Point
  1. Router mikrotik yang dibekali dengan interface wireless bisa bekerja dan di setting sebagai access point didalam jaringan wifi.
  2. Dalam pengaplikasiannya bisa anda lihat access point atau jaringan internet melalui WiFi yang ada di cafe restaurant yang menyediakan akses internet gratis, kampus dan lain sejenisnya.

Menjadi Routing
  1. Routing adalah fitur premier dalam perangkat router mikrotik. Routing ini mengkoneksikan sejumlah jaringan dan menentukan rute terbaik baik dan menuju sebuah perangkat maupun alamat tertentu.
  2. Contohnya jika ada 3 buah sistem jaringan dan ketiganya itu dapat disatukan menggunakan routing Mikrotik ini

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik
  1. Seperti halnya perangkat lainnya tentu ada kelebihan kekurangannya begitupun dengan perangkat Mikrotik ada yang beberapa point yang ingin kami sampaikan yaitu:
  2. Mikrotik mempunyai Operating System yang dinamai dengan Router OS Mikrotik yang dibuat menggunakan core Linux opensource karenanya maka Mikrotik jelas lebih murah dibandingkan dengan perangkat serupa yang beredar di pasaran.
  3. Mikrotik cukup mudah untuk dipergunakan dengan tampilan GUI yang sederhana
  4. Router OS Mikrotik sudah dapat mendeteksi macam-macam ethernet card dari sejumlah vendor yang tersedia sehingga tidak dibutuhkan tambahan driver.
  5. Mikrotik mensyaratkan sertifikasi tapi sertifikasi ini masih belum populer ketimbang dengan vendor-vendor lainnya semacam Cisco.