Keuntungan menggunakan Mini PC dan Kekurangan. Beberapa tahun lalu sempat ada istilah net-top. Waktu itu sempat ada beberapa produk seperti itu. Sewaktu masih memakai istilah net-top, kita mendefinisikannya sebagai PC desktop yang pemakaiannya lebih banyak untuk akses internet. Meminjam istilah netbook.

Perkembangan yang terjadi untuk produk ini. Mini PC keluaran terbaru sudah banyak yang datang dengan spesifikasi yang jauh lebih mumpuni. Dengan kelengkapan yang juga lebih bagus. Sehingga sekarang sudah ada lebih banyak alasan untuk membeli Mini PC. Apalagi dengan kehadiran Mini PC jaman sekarang yang desainnya bagus dan menarik tanpa mengurangi kinerjanya.

Keuntungan menggunakan Mini PC

Salah satu yang saat ini menjadi isu penting adalah soal hemat daya energi, utamanya listrik. Nah, ini yang menjadi salah satu keuntungan menggunakan mini PC. Jika anda membeli PC ‘biasa’, paling tidak anda harus siap untuk menyiapkan pengeluaran listrik lumayan banyak tiap bulannya.

  • Satu PC, setidaknya akan mengonsumsi daya 450 watt. Bandingkan dengan Mini PC sekarang yang rata-rata butuh daya antara 60 sampai 150 watt saja. Ini akan lebih hemat lagi jika dipadukan dengan monitor berjenis LED. Anda akan menghemat sangat banyak.
  • Space atau tempat. Mini PC didesain dengan dasar pemikiran hemat ruang. PC biasa itu ukurannya selain besar juga berat. Anda perlu meja khusus untuk menempatkannya. Terkadang malah sampai harus terpisah antara meja komputer dengan meja kerja untuk kegiatan tulis-menulis.
    Saat ini memang kebanyakan orang memakai laptop yang lebih praktis dan portable. Sehingga keberadaan meja yang khusus di desain untuk komputer semakin tidak dibutuhkan. Anda bisa bekerja dimanapun. Mini PC ini berada di tengah-tengah antara laptop dengan PC desktop biasa. Ukurannya kecil, desain menarik, dan tidak perlu meja khusus.
  • Praktis Meski tidak semua, namun di beberapa seri Mini PC kelas menengah, anda bisa mendapatkan Mini PC lengkap dengan keyboard dan mouse nirkabel yang cantik. Serasa memiliki komputer yang canggih. Soal praktis-nya ini, anda akan sulit membandingkannya dengan PC desktop biasa yang semuanya serba besar dan ribet.

  • Yang pernah berurusan dengan perkabelan PC desktop biasa pasti tahu betapa ribetnya mengatur supaya PC bisa rapi dan nyaman dilihat. Beberapa Mini PC didesain begitu kompak sampai bisa ditempelkan di tembok, atau bahkan bisa langsung dicolokkan ke monitor yang punya port HDMI. Sangat praktis dan hemat tempat.

  • Harga yang murah. tapi susah juga sebenarnya dibilang murah. Tapi jika kita menghitung secara keseluruhan, dengan memasukkan variable teknologi, kenyamanan pakai, tanpa berisik dan panas berlebih, hemat tempat serta prestige karena desain yang bagus kedalam penghitungan harga, maka dengan mudah kita bisa simpulkan bahwa harga Mini PC itu murah.

Kekurangan Menggunakan Mini PC

Yang paling jelas menjadi kekurangan Mini PC adalah sedikit atau tidak adanya kemungkinan ekspansi. Artinya, kita tidak seleluasa ketika memakai PC dekstop ketika hendak menambah atau mengganti komponen di dalamnya. Mirip dengan ketika kita memakai laptop. Kalau sudah kedaluwarsa dan tidak ekonomis lagi untuk melakukan upgrade, pilihannya ya tinggal beli baru lagi. Kita tidak bicara tentang lebih cepat rusak atau tidaknya juga Itu tergantung dengan pemakaian kita saja.

Rata-rata Mini PC hanya memungkinkan kita untuk meng-upgrade atau mengganti hard disk dan RAM. Ada beberapa yang modul RAM-nya tertanam untuk menghemat tempat. Dan itu artinya kita tidak bisa menggantinya dengan mudah. Mending beli baru.

Keberadaan slot ekspansi memang sangat terbatas. Jadi ya terima saja. Toh, ketika anda membeli Mini PC ya harus sadar bahwa anda akan menggunakannya banyak untuk kegiatan komputasi yang ringan-ringan saja yang tidak perlu sampai memaksa anda meng-upgrade komponen Mini PC anda.

Soal kinerja yang pas-pasan, untuk sekarang sebenarnya kita tidak bisa terlalu banyak mengeluh. Buat anda yang punya anggaran lebih, butuh Mini PC yang lebih bertenaga, ingin menghemat penggunaan energi, tertarik dengan desain PC yang tidak biasa, ada kog Mini PC yang spesifikasinya sangat mampu untuk diajak bekerja agak berat. Cuman ya gitu, harganya juga jadi tidak biasa.


Jadi, kesimpulannya adalah: kalau kebutuhan komputasi anda berkisar ke urusan pekerjaan Office, mengakses internet, sesekali main game ringan flash based, menonton film kualitas sedang sampai tinggi, dan pingin tetap hemat listrik, Mini PC adalah pilihan terbaik.