Bagi suatu perusahaan, data-data perusahaan adalah aset yang sangat berharga. Data-data tersebut hampir tak ternilai harganya. Bisa dikatakan data-data tersebut menjadi ujung tombak perusahaan. Untuk menjaga data-data perusahaan tetap aman dan terlindungi, dibutuhkan adanya colocation server. Bagi yang belum mengetahui tentang alat ini, ia dapat digunakan sebagai tempat menyimpan hosting. Perusahaan yang menggunakan colocation dapat memakai bandwidth dengan jumlah tertentu. Ada berbagai manfaat yang Kamu penggunaan server ini.

Ruang Data Center

Mengenal Istilah Colocation

Colocation merupakan layanan penyewaan tempat guna meletakkan server pelanggan pada pusat data atau data center. Adapun yang dimaksud dengan pusat data yaitu bangunan yang difungsikan untuk menyimpan sejumlah server lengkap dengan fasilitas pendukung. Lantas, mengapa perlu menggunakan colocation?

Manfaat pertama adalah mengantisipasi server saat listrik tiba-tiba padam. Perusahaan bisa mengalami kerugian yang besar jika listrik padam dalam waktu yang lama. Bahkan jika listrik mati dalam tempo yang singkat, server memerlukan waktu yang tak sebentar untuk dihidupkan kembali. Nah, di sinilah kegunaan Collocation server yaitu memberikan cadangan listrik saat listrik padam. Jadi, ketika listrik mati, Kamu masih tetap bisa mengandalkan collocation ini.

Tak hanya itu, alat ini juga bisa melindungi  data perusahaan dari aksi pencurian. Server perusahaan akan tetap aman dengan adanya collocation ini. Di dunia bisnis, pencurian data-data rahasia bisa berakibat fatal. Jika data jatuh ke tangan pesaing, tak bisa terbayangkan apa yang akan terjadi pada perusahaan.

Inilah  Keuntungan Penggunaan Colocation 

Colocation memungkinkan server suatu perusahaan ditempatkan sama-sama dengan server lebih besar. Hal inilah yang dirasa amat menguntungkan. Terutama bagi perusahaan yang membutuhkan akses internet berskala besar. Untuk lebih jelasnya, berikut diberikan beberapa keuntungan colocation

1. Lebih hemat biaya 

Budget yang harus dikeluarkan pihak perusahaan seperlu mendapat bandwidth tinggi didapati jauh lebih hemat. Terutama bila dibanding dengan membuat sendiri.

2. Teknologi dan sistem terstruktur

Jasa colocation profesional memiliki teknologi dan sistem terstruktur. Termasuk yang berkaitan dengan pemadaman. Sehingga pihak penyedia jasa akan membayar pembangkit listrik supaya server perusahaan yang dititipkan tetap aman teraga. Hal ini jelas akan lebih merepotkan bila harus dilakukan sendiri.

3. Keamanan terjamin 

Keamanan mesin perusahaan terjamin karena pihak pengelola Colocation Indonesia hadir dengan jaminan keamanan tinggi.

4. Tidak perlu repot upgrade sistem server 

Pihak perusahaan tidak perlu repot mengupgrade sistem server. Pasalnya hal tersebut sudah dilakukan dan menjadi tanggung jawab pihak pengelola.

5. Server 7x24 jam non stop

Server 24 jam dapat berjalan sendiri meski ditinggalkan.

6. Tidak Perlu Bergantung pada Penyedia Hosting 

Meski bersifat “titip”, tetapi pihak perusahaan tidak harus bergantung pada penyedia hosting. Hal ini berarti pihak perusahaan dapat menginstall mandiri sofware apa saja yang dibutuhkan.

7. Tidak perlu memiliki tim ahli IT 

Dalam hal ini pihak perusahaan tidak perlu memiliki tim ahli IT. Dimana semua hal terkait pengelolaan server bisa langsung diserahkan kepada pihak pengelola.

8. Lebih hemat waktu 

Selain hemat biaya, juga hemat waktu. Hal ini karena semua proses diserahkan langsung pada sang ahli, sehingga pihak perusahaan tidak perlu repot sendiri.

9. Produktivitas meningkat 

Keuntungan lain colocation adalah produktivitas yang meningkat. Hal ini karena pihak perusahaan tidak perlu merasa terbebani terkait persoalan IT. Sehingga bisa lebih fokus pada produktivitas bila memanfaatkan Colocation


Penggunaan collocation juga bisa mengurangi biaya operasional untuk sistem keamanan perusahaan. Dalam tempo yang singkat mungkin belum terasa, namun lihatlah dalam waktu yang panjang. Berapa rupiah yang akan dihemat dari pemakaian alat canggih ini. Sebab, semakin besar perusahaan, semakin banyak pula data-data penting yang harus dijaga. Sekarang tak perlu takut data rahasia perusahaan kecurian atau diambil orang. Sistem pengamanan server ini sangat canggih sehingga tak sembarang orang bisa mengakses.

Soal harga, collocation dijual dengan harga bervariasi. Bahkan tersedia dari yang termurah hingga mahal. Semakin mahal, sistemnya semakin canggih dan berkualitas. Meskipun demikian, alat yang murah pun sudah memiliki standar keamanan yang tinggi. Nah, itulah beberapa manfaat yang ada pada penggunaan Collocation Server. Selain aman dari pencuri, data-data Kamu juga tetap aman meski listrik padam sekalipun.