Virus

Virus
merupakan suatu program yang  didesain untuk mencari celah keamanan sistem jaringan komputer ataupun Laptop.

Tujuan utama dari virus adalah untuk menghancurkan sistem komputer dan data - data yang ada akan dicuri dan dapat menyebabkan pemilik komputer mengalami kerugian dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah.

WORM
merupakan program yang dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa harus ada pihak ketiga. yang artinya jika worm sudah berhasil masuk ke sebuah komputer maka worm bisa masuk dengan mudah kekomputer lain dengan melalui jaringan komputer secara otomatis  tanpa bisa dicegah.

Worm tidak dapat masuk kedalam sisten komputer apabila celah keamann pada sistem komputer telah ditutup.

Trojan 
merupakn  suatu program yang yang dibuat seperti baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang bila diinstall pada suatu komputer, komputer  dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.

Spyware 
merupakan program komputer yang dibuat untuk memata - matai komputer korbannya, spyware akan mengumpulkan dan mencuri informasi sebanyak-banyaknya untukbisa digunakan para penjahat cyber. Hal yang paling sering menjadi sasaran adalan username dan password untuk situs perbankan, email, portal dan sebagainya.

Malware (Malicious Software)
merupakan apikasi komputer yang digunakan untuk mencari celah dan kelemahan suatu software. Malware dirancang untuk mengganggu atau menolak software dengan tujuan mengumpulkan informasi yang mengarah pada hilangnya privasi atau eksploitasi,atau mendapatkan akses tidak sah ke sumber daya sistem.